Demam Power Bank

Author : Administrator
Demam Power Bank

Si mungil kaya manfaat Pengguna power bank sudah meluas terutama mereka dengan mobilitas tinggi. Berinvestasi dengan power bank yang berkualitas sangat perlu. Bagaimana tips penggunaan yang tepat?

Pengguna gadget semakin hari semakin banyak. Bukan hanya para pekerja kantoran tetapi meluas hingga kepada pelajar, mahasiswa dan lainnya. Pabrikan gadget juga berusaha menambah beberapa fitur-fitur terbaru kedalam produk-produknya. Sebut saja  kamera resolusi tinggi, prosesor multi-core, memori RAM yang tinggi, layar HD berukur-an lebar dan beberapa fitur canggih lainnya. Tapi kenyataannya semakin canggih teknologinya, semakin boros baterainya.

Apalagi dengan trend beberapa gadget yang memiliki baterai ter-integrasi, sehingga tidak mungkin mengganti baterainya dengan baterai cadangan. Tapi masalah itu sepertinya sedikit terselamatkan dengan kehadir-an power bank atau baterai eksternal atau portable charger yang akan menjadi nyawa tambahan bagi gadget .

Kehadiran power bank yang relatif baru, memang belum meyakinkan penggunanya. Apalagi ada beberapa rumor yang tidak sedap. Misalnya power bank akan merusak baterai Blackberry. Kira-kira apa sajakah yang perlu diperhatikan ketika memilih Power Bank?

Satu, kenali Gadget Anda. Langkah ini adalah langkah terpenting, Anda harus mengetahui dengan pasti kapasitas baterai dari gadget Anda. Jangan sampai power bank yang dibeli bahkan tidak dapat mengisi daya secara maksimal dari gadget  hanya karena daya dari gadget Anda lebih tinggi dari daya maksimal power bank.

Dua, kapasitas power bank. Setelah memahami daya baterai saatnya memilih kapasitas power bank yang akan Anda beli. Sebagai contoh, iPhone 4S menggunakan baterai dengan daya 1.432 mAh, jadi untuk dapat mengisi baterai iPhone 4S sampai penuh membutuhkan power bank dengan daya minimal 1.432 mAh. Apabila ingin dua kali charge, minimal harus menggunakan powerbank dengan daya minimal 2.864 mAh.

Bagi mereka yang mobilitas tinggi, disarankan menggunakan power bank dengan kapasitas daya yang tinggi, seperti 5600 mAh. Karena dengan menggunakan iPhone 4S, daya 5600 mAh ini dapat mengisi ulang sampai  rata-rata 4 kali charge. Tapi tentu saja semakin tinggi daya power bank, semakin besar dimensinya dan semakin berat bobotnya.

Tiga, perhatikan fitur beberapa pengguna mungkin menganggap bahwa power bank hanya sebagai sarana pengisian baterai semata. Power bank yang berkualitas memiliki fitur yang akan menjaga gadget dan keselamatan dari bahaya. Sebut saja proteksi dari arus pendek misalnya kebakaran dan  proteksi dari overcharge  yang akan secara otomatis akan memutus aliran listrik ketika pengisian baterai sudah penuh.

Empat, perhatikan sel baterai dari power bank. Pada dasarnya, didalam setiap power bank terdapat sel baterai yang dapat diisi ulang. Sayangnya, beberapa merek “abal-abal” menggunakan sel baterai yang kurang baik kualitasnya, bahkan menggunakan baterai refurbished untuk memangkas harga.

Di beberapa merek power bank terkadang mencantumkan merek sel baterai yang ia gunakan, bisa juga dengan mempercayakan pada merk yang sudah dikenal akan kualitasnya, atau rajin melakukan komparasi dengan membaca review dan bertanya pada rekan yang sudah berpengalaman dengan merk dan tipe power bank tertentu.

Lima, pengaruh harga. Ada harga memang ada rupa. Itu kata pepatah. Mengingat fungsinya berhubung-an langsung dengan gadget Anda sehingga berinvestasi dengan power bank yang berkualitas sangat perlu. Pertimbangkan masalah harga. Jangan hanya karena mengejar harga yang murah, namun mengorbankan kualitas produk dan mempertaruhkan nasib baterai dari gadget Anda.

Enam, perhatikan kelengkapan. Termasuk kabel A/C, kabel konektor, lampu indikator dan kelengkapan lain yang menunjang kinerja power bank. Untuk kelengkapan seperti kabel konektor, ada baiknya menggunakan kabel konektor bawaan asli dari gadget, karena ada beberapa power bank yang menggunakan kabel konektor dengan kualitas yang kurang baik sehingga memungkinkan terjadinya arus pendek.


Benarkah  merusak Blackberry?

Ada pendapat penggunaan power bank akan merusak Blackberry, merek handphone yang hampir dimiliki semua orang dengan mobilitas tinggi saat ini. Power bank dikabarkan bisa menyebabkan baterai BlackBerry menggelembung dan mudah drop daya tampungnya. Agar pemanfaatan power bank untuk mengisi baterai BlackBerry tidak merusak smartphone , ada beberapa tips yang bisa dilakukan.


Satu, pastikan kualitas. Seperti disebutkan diatas, pastikan power bank yang dipakai telah terbukti kualitas dan kehandalannya. Pilihlah merk-merk terkenal karena umumnya produsen tidak akan mempertaruhkan nama baiknya dengan memproduksi power bank berkualitas rendah.

Dua, matikan gadget. ketika mengisi baterai BlacBerry dengan power bank, pastikan gadget tersebut dalam kondisi mati (off) karena jika dalam kondisi hidup, berarti memaksa baterai BalckBerry tersebut untuk bekerja ganda dan sekaligus menerima energi dalam waktu yang sama.

Tiga, umumnya power bank dilengkapi dengan lampu indikator yang akan menunjukkan kondisi transfer energi. Jika gadget yang diisi penuh, lampu indikator akan menyala/mati, tergantung dari masing-masing petunjuk penggunaan alat. Pada kondisi ini, kita harus mencabut colokan power bank yang menancap ke gadget BlackBerry.

Jika Anda disiplin sekaligus mampu memilih power bank yang baik, gadget Anda tentu saja aman dan Andapun tidak perlu lagi khawatir hanya karena Blackberry Anda kehabisan baterai.



1 voters

0 Komentar

Loading

Berikan komentar anda

Nama
Email
Website
Komentar
 
Masukkan kode diatas