Michalis Lazaridis, Blackberry dan Kekuatan THE FIRST

Author : Administrator
Michalis Lazaridis, Blackberry dan Kekuatan THE FIRST

Akhir Juni lalu, berita tidak sedap terdengar dari  RIM produsen Blackberry.  Perusahaan ini akan akan mem-PHK 5000 karyawannya. Penjualan mereka anjlok 50 % dibanding tahun lalu. Nama RIM sempat berkibar tinggi di dunia ponsel. Tapi siapa sebenarnya yang berhasil mengibarkan bendera itu?

Dia tak lain adalah mahasiswa drop out bernama lengkap Michalis Lazaridis, yang banyak disebut kawan-kawannya dengan panggilan Mike. Mike dilahirkan pada 14 Maret 1961 di Istanbul, Turki. Saat umur lima tahun Mike dibawa orang tuanya pindah ke Kanada. Hal ini dikarenakan adanya Istanbul Program yang diadakan rutin sejak tahun 1955. Istanbul program merupakan program perpindahan tempat yang disediakan khusus bagi kaum minoritas Yunani yang ada di Istanbul untuk pindah dan menetap di Windsor, Kanada.

Mike hidup nyaman di Kanada. Bahkan kemudian sepanjang hidup-nya Mike bisa menyalurkan hobinya, membaca. Sejak kecil, dia dikenal sahabat dan kerabatnya sebagai si kutu buku.  Pada tahun 1973, saat usianya menginjak umur 12 tahun, Mike mendapatkan penghargaan Windsor Public Library karena aktivitas membacanya sangat tinggi. Ia telah menghabiskan seluruh buku yang ada di perpustakaan Windsor.

Di masa remaja, Mike  lebih berminat pada elektronik. Minat di bidang ini kemudian membawa-nya melanjutkan pendidikan di University of Waterloo, Ontario, Kanada jurusan Electrical Engineering dengan fokus ilmu komputer pada tahun 1979. 

Ketika kuliah inilah Mike kemudian memulai usaha di bidang ilmu teknologi nir-kabel yang dipelajarinya. Dia memberanikan diri mulai merintis usaha. Perusahaannya diberi nama RIM (Research In Motion Limited). 

Lima tahun kemudian atau pada 1984, Mike memenangkan tender perusahaan raksasa otomotif General Motors (GM). Padahal saat itu dia masih duduk di bangku kuliah. Di GM, tugas-nya adalah bertugas merancang sistem display pengontrol jaringan komputer. Saat itu, ia mendapatkan hadiah berupa kontrak kerja senilai 500 USD. Berbekal hadiah dari dana kontrak ia membesarkan  Research in Motion (RIM) dan memberanikan diri melepaskan pendi-dikannya.

Awal mula berdirinya, RIM bergerak pada bidang teknologi barcode untuk film. Perlahan-lahan, RIM mulai merambah wireless dan selanjutnya memper-kenalkan Blacberry pada tahun 1999. Sebelumnya, RIM bekerjasama dengan RAM Mobile Data dan perusahaan ponsel Ericsson. Sayang, pager yang berukuran sebesar sabun mandi ini kalah bersaing di pasaran.

Hasil yang kurang memuaskan tidak membuatnya putus asa. Mike mulai merancang sebuah gadget yang dapat memenuhi kebutuhan pertukaran informasi dan data secara realtime melalui teks, suara, maupun push mail. 

Nama Blackberry ini diberikan setelah adanya logo gambar yang berbentuk butiran-butiran hitam yang ada pada gadget tersebut. Mendekati peluncuran gadget yang disebut-sebut pintar ini ada sebuah kendala yang menyebabkan Mike harus menemui produk penyedia jasa Lexico Branding, California. 



0 voters

0 Komentar

Loading

Berikan komentar anda

Nama
Email
Website
Komentar
 
Masukkan kode diatas