NEWS
Trending

GITET Mandirancan Perkuat Keandalan Listrik Jalur Utara Jawa

Listrik Indonesia | Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 500 Kv Mandirancan yang berlokasi di Desa Pancalang, Kecamatan Pancalang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat  merupakan proyek strategis nasional (PSN) guna meningkatkan sistem keanadalan listrik Jawa Bali.

General Manager PLN  Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah (UIT JBT), Tejo Wihardiyono menjelaskan, GITET ini merupakan generasi ke-2 sebelumnya bertegangan 150 kV  beroperasi sejak tahun 1998 dan kini menjadi 500 kV dengan kapasitas 1000 MVA untuk melistriki daerah Cirebon, Kuningan, Indramayu, Majalengka, Karawang dan sebagian Jawa Tengah.

"GITET 500 kV panjangnya sekitar 337 ribuan kms. Dengan adanya GITET tentu meningkatkan keandalan listrik di Jawa Barat dan Jawa Tengah,"ujarnya. Kamis, (23/6/2022).

Pada kesempatan yang sama saat berkunjung ke GITET Mandirancan. General Manager PLN UID Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan menyampaikan, dahulu Jawa Barat khususnya  Kuningan dan Cirebon hanya 70 Kv, seiring meningkatknya rasio elektrifikasi, maka 500 Kv ini sangat mendukung kegiatan masyarakat.

"Infrastruktur ini berperan penting menyalurkan daya listrik dari arah PLTU Tanjung Jati dan PLTU Batang ke arah Indramayu dan Bandung Selatan. Semoga akan banyak lagi pembangunan GITET 500 Kv," pungkas Doddy.





 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button