Schneider Electric: Electricity 4.0 Bangun Masa Depan Berkelanjutan

Schneider Electric: Electricity 4.0 Bangun Masa Depan Berkelanjutan
Listrik Indonesia | Dalam mendukung percepatan transisi energi,  Schneider Electric Indonesia memiliki terobosan teknologi yang disebutnya Electricity 4.0. 

Scheneider Electric adalah Perusahaan global dalam transformasi digital di pengelolaan energi dan otomasi, Schneider Electric, mengajak sektor korporasi untuk segera mengambil tindakan nyata dalam membangun masa depan yang berkelanjutan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengakselerasi penerapan solusi digital untuk pengelolaan energi yang lebih cerdas dan efektif.

M. Farhan Lucky, Distribution Vice President Schneider Electric Indonesia & Timor Leste mengatakan, listrik merupakan energi yang paling efisien dalam dekarbonisasi. Sementara teknologi digital memungkinkan otomatisasi pengelolaan dan pengukuran konsumsi energi yang lebih efisien dan akurat.

“Perpaduan listrik dan teknologi digital memfasilitasi peralihan ke energi yang lebih bersih, sekaligus menghilangkan inefisiensi energi. Di Schneider Electric, kami menyebutnya Electricity 4.0, era baru dari energi masa depan,” ujarnya. Senin, (10/10/2022).

Lebih detil, ia menjelaskan, misalkan untuk bangunan Schneider memiliki produk Building Management System (BMS). Jadi BMS ini,kata dia, didukung oleh server dan menawarkan pemantauan dan peringatan untuk memastikan semua elemen fasilitas gedung beroperasi dengan benar.

Sistem ini adalah sistem kontrol yang menawarkan solusi manajemen secara end to end untuk layanan elektromekanis, mekanik, dan listrik di infrastruktur. Layanan ekstensif ini meliputi - ventilasi, listrik, kontrol akses fisik, AC, pemanas, elevator, stasiun pompa, di antara banyak layanan lainnya.

“Semakin berkembang seiring dengan semakin populernya bangunan pintar,” terangnya.

Selain BMS, Lucky menambahkan, Schneider juga mempunyai produk-produk yang mendukung operasional pembangit energi terbarukan salah satunya inverter  PLTS antara lain; Schneider Electric Homaya dan Mobiya. Schneider Electric Homaya Hybrid 1500VA merupakan produk inverter yang dapat mengonversi daya listrik yang dihasilkan oleh panel surya menjadi listrik yang kemudian dapat digunakan secara langsung (on-grid) maupun disimpan ke dalam baterai untuk digunakan kemudian (off-grid) atau sebagai listrik cadangan yang dapat digunakan sewaktu-waktu dibutuhkan, misalnya ketika terjadai pemadaman listrik.

Kemudian, Mobiya. Schneider Electric Mobiya merupakan produk lampu portable yang dilengkapi dengan panel surya untuk pengisian daya. Mobiya didesain untuk memberikan akses energi yang terjangkau dan ramah lingkungan di mana saja dan kapan saja. 

“Kita (Schneider) juga memiliki berbagai jenis charging station baik itu home charging maupun komersial charging station yang beberapa waktu lalu sudah dikenalkan ke publik,”pungkasnya.
Ikuti ListrikIndonesia di GoogleNews

Berita Lainnya

Index