Sekjen DEN: Pentingnya Terapkan Artificial Intelligence di Sektor Energi

Sekjen DEN: Pentingnya Terapkan Artificial Intelligence di Sektor Energi
Listrik Indonesia | Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto menyampaikan potensi Artificial Intelligence (AI). Hal ini dikemukakan pada Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022, Rabu (28/9/2022).

Djoko Siswanto mengatakan, sektor energi modern menjadi semakin saling terhubung, dengan adanya teknologi digital yang memfasilitasi dan mempercepat transisi energi. Ia juga menyebutkan potensi penerapan AI di sektor energi. 

Artificial Intelligence untuk Power Grids  dapat melakukan fungsi menentukan keluaran energi optimal yag diperlukan untuk memenehui beban sistem dengan biaya serendah mungkin secara otomatis dan real time dengan menggunakan data tentang kondisi cuaca di masa lalu dan sekarang serta pasokan, permintaan, dan harga energi, kemampuan prediksinya menjadi lebih tajam dan waktu responsnya menjadi lebih cepat.

Kemudian, AI untuk Operation and Manitenance (O&M) yang digunakan untuk O&M pembangkit listrik seperti pemeriksaan kondisi PLTS dengan bantuan drone thermal. Penggunaan AI juga dapat mendukung peningkatan produksi sistem dengan melakukan pengaturan posisi baik untuk PLTS dan PLTB menyesuaikan arah matahari dan angin.

Lebih lanjut, Djoko menjelaskan penerapan AI untuk perdagangan energi. Kemampuan prediktif yang dimiliki AI dapat membantu dalam melindungi cadangan energi dan infrastruktur energi. “Di Eropa produsen listrik dapat mengetahui perkiraan harga energi sehingga dapat memberikan keuntungan dalam proses trading energi,” ujarnya.

Tak hanya itu, pada kesempatan yang sama Djoko Siswanto membeberkan tantanga pengembangan kendaraan listrik. Sejauh ini harga kendaraan listrik di Indonesia masih tergolong mahal, bahkan penetrasi pasar hanya baru mencapai 1 persen.

“Belum lagi bersaing harga dengan produk impor yang bisa lebih murah,”ucapnya.

“Infrastruktur charging station harus diperbanyak dan industri baterai harus segera dibangun di dalam negeri, sehingga harga kendaraan listrik bisa terjangkau,”pugkasnya.
Ikuti ListrikIndonesia di GoogleNews

Berita Lainnya

Index